KURANG LEBIH SAMA

 

Demikian yang disampaikan irama mentalitas rindu. Getarannya hingga ujung sungsum belakang, tak perlu ragu untuk menyemaikan cinta itu, setidaknya sama yaitu kurang lebih sama dengan yang waktu itu. Tidak mudah menemukan “kurang lebih sama” harus berpacu dengan kekhawatiran, bergelut dengan perpisahan, bercumbu dengan kekurangan batin, haus akan terpaan dan terjangan kata. Aku menemukan itu pada titik-titik terakhir kepergianmu.

Aku? Kurang lebih sama dengan apa yang kau pikirkan, engkau? Kurang lebih sama dengan yang aku terjemahkan dalam pori-pori penantian. Lubangnya menganga, menjerumuskan setiap hela nafas, perginya pun tak selalu ada tanda, akhirnya kau mengaduh! Apa yang terparkir merupakan hiasan sementara, kalau kita bicarakan ini tentang cinta, tidak pernah habis-habisnya. Pada satu dasawarsa tersendiri, kau memaklumi sekian tahun perjalananku. Ini adalah akhir dari awal yang beku, tidak ada penerjemahan khusus dari sang Sabda Alam. Semuanya membisu!

Malam pun sangat kecewa dengan sore, kini pagi mengamuk menelantarkan altar-altar suci. Aku pun mencoba sedekap di sela-sela pengharapanmu. Tidak ada gunanya meragukan kepastian, dan kau tertunduk membidik setiap sudut dalam titik-titik pertemuan kita. Sayangnya “yang lebih” itu sebenarnya sesuatu yang kurang, tapi engkau tidak peka melihatnya. Kini yang engkau anggap lebih menjadi butiran debu berkalang tanah basah.

Tidak pada yang demikian terjadi, peta ketika seseorang meragukan cinta, itulah bukti kepunahan permanen. Tak usah risau untuk mengawalinya, aku sudah siapkan penawar rindu yang memungkinkan mu untuk tetap di sini. Pada hitungan ke tiga bersiaplah untuk menerobos sukma tersembunyi, bahkan terdalam. Engkau tak kan sanggup jika hanya berdiam diri tanpa berkata apa-apa. sungguh sebuah perjalanan yang mempesona ketika aku harus secara sembunyi-sembunyi melupakanmu. Tunggu saja di sudut pengharapan, maka kau akan mengerti kenapa aku mengabaikanmu. Dan itu adalah tanda aku harus mengakhiri tulisan ini.

About Author:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *